Minggu, 10 Juni 2012

BAKMI
justru kepada orang tua, kita sering lupa untuk berterima kasih....

Suatu hari, seorang anak bertengkar dengan ibunya...
Sang anak demikian terpukul dengan pertengkaran tersebut...
dan iapun pergi meninggalkan rumah.

Setelah jauh berjalan ia baru menyadari
bahwa sebenarnya ia sama sekali tidak membawa uang.
Ia melewati sebuah kedai bakmi.
Ia ingin sekali memesan semangkok bakmi karena lapar.

Pemilik bakmi melihat anak itu berdiri cukup lama
di depan kedainya, lalu bertanya,
"Nak, apakah engkau ingin memesan bakmi?"

"Ya, tetapi aku tidak membawa uang,"
jawab anak itu dengan malu-malu.

"Tidak apa-apa, aku akan mentraktirmu," jawab si pemilik kedai.
Anak itu segera makan dengan lahapnya...
Tak terasa air matanya mulai berlinang.
"Ada apa Nak?" tanya si pemilik kedai.

"Tidak apa-apa, aku hanya terharu karena anda,
seorang yg baru kukenal telah mau memberi aku semangkuk bakmi
tetapi ibuku sendiri setelah bertengkar denganku,
mengusirku dari rumah. Kau seorang yang baru kukenal
tetapi begitu peduli padaku."

Pemilik kedai itu berkata,
"Nak, mengapa kau berpikir begitu? Renungkan hal ini,
aku hanya memberimu semangkuk bakmi dan kau begitu terharu.
Sejak engkau dilahirkan, ibumu telah merawatmu, berbuat apa saja untukmu
termasuk memasak bakmi, nasi dll sampai kamu dewasa...
Seharusnya kamu berterima kasih kepadanya."

Anak itu kaget mendengar hal tersebut.
"Mengapa aku tidak berpikir tentang hal itu?

Untuk semangkuk bakmi dari orang yang baru kukenal
aku begitu berterima kasih,
tetapi terhadap ibuku yang memasak untukku selama bertahun-tahun,
aku bahkan tidak peduli."

Anak itu segera menghabiskan bakminya
lalu ia menguatkan dirinya untuk segera pulang.
Begitu sampai di ambang pintu rumah, ia melihat ibunya
dengan wajah letih dan cemas.

Ketika melihat anaknya, kalimat pertama yang keluar dari mulutnya adalah:
"Nak, kau sudah pulang, cepat masuk, aku telah menyiapkan makan malam."
Mendengar hal itu, si anak tidak dapat menahan tangisnya
dan ia menangis di hadapan ibunya.

Saudaraku...
Sekali waktu kita mungkin akan sangat berterima kasih kepada orang lain
untuk suatu pertolongan kecil yang diberikannya kepada kita.

Namun kepada orang yang sangat dekat dengan kita (keluarga) khususnya orang tua,
kita sering lupa untuk berterima kasih....

Saudaraku yang masih punya ibu,
mari kita lebih berbakti kepada ibu kita...
Buat yang sudah ditinggalkan ibu,
mari kita do'akan semoga ibu bahagia ditempat yang terbaik disisi Allah.
Amiiinnn...

Tidak ada komentar: