Selasa, 09 Februari 2010

Resep Perkawinan Bahagia (sumber http://www.nlpintoa ction.com)
By : Antonius Arif
School of Mind Reprogramming

Suatu ketika saat saya belajar untuk menjadi
trainer dari Zig Ziglar, Krish Dhanam, Global ambasaddor dari Zig

Ziglar bercerita kepada saya bahwa orang yang dianggap sukses adalah
bila dia bukan hanya sukses dipekerjaannya saja tetapi juga sukses
dirumah tangganya. Juga dia pernah berucap, bahwa dia mempunyai sebuah
kebiasaan yang indah walaupun dia sering keluar kota bahkan keluar
negeri tetap saja dia berbicara kepada istri serta anaknya.

Bahkan dia
selalu mengucapkan I love you setiap selesai pembicaraan di skype.
Saat saya tanya, apakah dia selalu
mengucapkan i love you setiap hari?

Dia katakan iya, lalu dia bercerita
kepada saya kenapa terjadinya sebuah perselingkuhan. Bisa jadi karena
pasangan kita kurang mendapatkan kata atau ucapan sayang dari
pasangannya.

Berbeda saat pacaran dulu mungkin akan
berhamburan kata sayang atau cinta.

Tetapi saat menikah   duhhhh beda
banget. Dan ada satu kata dari dia yang cukup bagus,

kalau anda tidak
mengucapkan kata sayang atau cinta maka suatu saat bisa saja tangki
cinta dia akan kosong.

Na bila tangki cintanya kosong maka bisa jadi
ada orang lain yang mengisinya dengan cara mengatakan cinta
.

Apakah itu
sama saja dengan tidak berabe? Gimana kalau akhirnya dia menangapi kata
cinta tadi? Wuihhhhh  sudah tahu akhir ceritanya bukan 

Dalam buku Zig
Ziglar  See you At The Top ada beberapa resep agar perkawinan tetap
menjadi bahagia. Caranya bagaimana?

Begini caranya:
1.Mengingat ketika masa anda sedang jatuh cinta kepada dia       sebelum menikah
   Ingatlah ketika masa
   pacaran dulu, kenapa anda jatuh cinta kepada dia dan anda selalu
   berusaha untuk menampilkan yang terbaik dari diri anda kepada pasangan
   anda. Selalu ramah, sopan, penuh perhatian, bijaksana dan baik. Dan
   untuk mempertahankan rumah tangga, kuncinya adalah kembali ketika masa
   anda sebelum menikah

2. Perkawinan bukanlah tawaran 50/50 tetapi
    memberikan komitmen penuh 100/100

     Dalam perkawinan anda harus
     menyerahkan diri anda kepada pasangan anda. Bukan hanya sekedar agar
     jangan sakit maka saya kasihnya 50 saja dulu. Lah gimana perkawinan mau
     langgeng kalau persepi diawal saja sudah salah. Ingat loh. Your
     perception is your projection.

3.Awali dan akhiri kegiatan setiap hari dengan pernyataan cinta bagi pasangan anda.
   Awalnya buat saya setelah
   menikah 5 tahun untuk memulai kata cinta, wuihhh susahnya setengah
   mati. Bahkan saya ada klien yang mengatakan, gila apa. Gengsi atau
   norak ngomong cinta. Lah kok bisa gitu? Mentang-mentang sudah jadi
   milik dipikir ngga perlu ngomong lagi apa? Jpercaya deh, begitu anda ngomong sayang dan cinta,          wuihhh semua berubah deh.

4. Kejutkanlah dia dengan memberikan hadiah atau kartu
    Ini juga kejadian dengan
    saya, kok saya ngga pernah membeli bunga, eh tahu-tahu kasih bunga, dan
    istri saya sampai senengnya minta ampun. Awalnya dipikir saya nyeleweng
    ya makanya ngasih bunga hahahahaĆ¢€¦. tapi kenyataannya. Sampai hari ini
    saya setia tuh dengan pasangan saya yang cantik ini.

5. Nikmatilah waktu bersama dengan dia yang bermutu
    Setelah saya menikah 6
    tahun, saya menyadari bahwa saya perlu mempunyai kualitas waktu yang
    berharga dengan istri. Dan menariknya dalam masa sekitar 3 jam itu
    bersama istri saya, wuihhh berasa kembali ketika masa pacaran dulu.
    Ingat, kalau jalan-jalan pakailah baju yang terbaik jangan daster yahhh

6. Cobalah menjadi pendengar yang baik
    Pendengar yang baik
    tidaklah terlalu mudah, apalagi maunya bawaannya kalau ngga proteksi
    malah ngasih nasehat. Kadang pasangan kita ngga membutuhkan nasehat
    kok. Dia hanya membutuhkan kita untuk mendengarkan dia saja. Coba
    sekali-kali tahan nafas anda begitu ada kata yang mau keluar dari mulut
    anda.

7. Jangan buat pasangan anda sebagai pesaing terhadap
    anak anda untuk mendapatkan perhatian anda

     Na, alasan klasik biasanya
     kalau diajak keluar adalah jangan deh, ajak anak-anak. Kasian deh, ajak
     merekalah. Lah kalo begini terus. Gimana mau mesra? Ingat, pasangan
     anda tetaplah manusia yang butuh diperhatikan. Ingat woii, isi tangki
     cintanya. Siapkan waktu untuk mereka.

8.  Apabila terjadi perbedaan paham, itu boleh-boleh
    saja tetapi anda tidak boleh marah

     Marah boleh, beda paham
     boleh tetapi tetap pegang kata bahwa perbedaan paham itu tidak akan
     membuat menjadi kata cerai. Kebanyakan perkawinan adalah paling enak
     ngomong cerai. Jadi hold your breath dan jangan langsung keluarkan kata
     cerai.
     Ingat, semua perbedaan itu pasti mempunyai maksud baik. Hanya mungkin caranya saja yang                berbeda.

9. Ingatlah bahwa keluarga harus mempunyai pemimpin
    yang akan mengambil keputusan walau dalam keadaan sulit sekalipun

    Dalam suatu perjalanan rumah tangga kadang sering adanya suatu kondisi yang
    membutuhkan keputusan. Dan ayah sebagai pemimpin rumah tangga, haruslah
    bertanggungjawab sebesar-besarnya demi mempertahankan rumah tangga dan
    buatlah keputusan apapun berkaitan kondisi keluarga dan doakan hasilnya
    kepada Tuhan.

10  Anda harus berupaya habis-habisan untuk
     menyenangkan atau memahami pasangan anda

      Awalnya saya pernah
      mendengar yang namanya cinta tanpa syarat. Saya pikir ahhhh teori.
     Nggak mungkin. Tetapi setelah berjalan 7 tahun menikah, saya akhirnya
     menemukan arti sesungguhnya cinta tanpa syarat. Cinta tanpa syarat
     artinya kita menerima kelebihan dan kekurangan pasangan kita apa
    adanya. Bahkan biar istri saya bangun siang, ngga bisa masak, ngga bisa
    dandan tetap saja dia adalah istri saya yang saya pilih menjadi
    pasangan hidup saya. Dan yang paling penting, jangan dengarkan pihak ke
    tiga yang kadang semakin memperkeruh kondisi keluarga. Belum orang
    tuanya ngomong, enak aja anak gue diginiin, ngga bisa harus melakukan
    ini dan itu. Saya sarankan, jangan didengarkan. Ingat anda yang
    menikah. Bukan orang ketiga tersebut yang menikah. Alasan anda menikah
    dulu saya yakin pasti kuat bukan?

11.
Cobalah resep cinta : 1 cangkir cinta, 2 cangkir
kesetiaan, 3 cangkir kesediaan memaafkan, 1 cangkir persahabatan, 5 sendok
harapan, 2 sendok kelembutan, 4 liter iman dan 1 barel tertawa.

12. Hendaklah kamu selalu ramah terhadap pasangan
     anda, penuh kasih mesra dan saling memaafkan

      Apakah susah kita
      bergandengan tangan? Atau memeluk saat jalan? Bahkan saya pernah
      melihat ada seorang suami istri yang sudah punya 2 orang anak masih
      pangku-pangkuan didepan umum. Iri bukan kalau kita melihatnya? Kenapa anda
      tidak melakukannya? Biarkan orang lain iri melihatnya hahahaha..

13. Berdoa bersama-sama
       Ajaklah pasangan anda
       selalu berdoa atau bersembayang bersama. Karena konon Tuhan lebih
       mendengarkan orang berdoa kalau dalam keluarga itu mau berdoa dan
       bersembayang bersama-sama. Dan ini menjalin hubungan mesra dengan sang
       Pencipta.

14. Ingatlah selalu, apabila terjadi pertengkaran yang
      tidak terhindarkan.  Siapa yang memulai untuk menyelesaikannya tidaklah penting.

      Namun orang yang memulai itu memperlihatkan kematangan dan cinta yang lebih
      besar
      Dah, jangan gengsi-gengsian.
      Buruan deh meminta maaf atau menyelesaikannya. Kadang kita suka egois,
      ngga mau ah. Ngapain gue minta maaf, lah dia yang mulai. Ngga mau.
      Harga diri gue bisa rusak. Lah ini bukan masalah harga diri tetapi
      masalah kelangsungan rumah tangga bukan? Bukankah lebih baik manusia
      itu selalu berpasang-pasangan? Apalagi bisa dengan satu pasangan yang
      sama. Wuihhhh indahnya bukan?
      Jadi, renungkanlah
      kata-kata diatas sehingga perkawinan kalian akan langgeng sampai kakek dan
      nenek.
      Sukses untuk anda.

Tidak ada komentar: